Sunday 10 January 2016

Mengatasi Jet Pump Selalu diPancing



(Gambar 1)

Mengatasi Jet Pump Selalu di Pancing menggunakan air

PERMASALAHAN
Air Jet Pump tidak mau naik, indicator tekanan air dibawah nol (gambar 1) down atau tidak naik, sebagai pertanda air tidak memasuki badan pompa.

SOLUSI
Perhatikan Tabung angin dari jet pump (gambar 1), apakah saat memasangnya tidak kuat, sehingga meinbulkan kebocoran, baik air yang nampak atau sekedar kebocoran udara. Hal ini sangat penting, mengingat jika pompa ada kebocoran walau hanya sedikit maka akan menyebabkan air turun kembali. Dimana jika kita lihat di indikator tekanan air (Gambar 2) maka jarum menunjukkan angka di bawah nol. Cara mengujinya

(Gambar 2)
sangat sederhana tutup saluran air (gambar 1), maka jarum indikator tekanan air akan naik perlahan lahan. Jika jarum menunjukkan angka melebihi setengah (0.3 MPa/40 PSI) atau control otomatis tekanan air jet pump sampai memutuskan arus, namun tidak ada tanda tanda ke bocoran itu artinya drat tabung pompa sudah terpasang dengan baik. Namun jika terjadi kebocoran maka anda perlu membeli plester atau selotip pipa (gambar 4), kemudian anda plester drat tersebut dengan selotip yang sudah dibelit tersebut sampai tidak ada lagi kebocoran. Kemudian uji kembali seperti cara menguji diatas. Harga selotip pipa ini hanya Rp 1000,- (seribu rupiah).
Masalah lainnya jika hal ini masih tidak bisa yaitu, pada “foot klep” yang dipasang diujung pipa, yang masuk ke dalam sumur. Sebelum ada memanggil tukang service untuk mengganti foot klap tersebut
(Gambar 3)
ada baiknya anda cek terlebih dahulu drat tabung pompa airnya, siapa tahu anda kurang kencang memasangnya setelah dilepas. Demikian semoga bermanfaat.

RIWAYAT
Masalah bermula tanggal 5 Januari 2016 sore, pagi pagi tanggal 6 Januari 2016 saya coba memancing air sebelum bekerja, hanya tiga gayung airpun keluar. Namun saat sore hari airpun tidak naik lagi. Saya berinisiatif menutup kran air yang terhubung langsung ke pompa. Tanggal 7 Januari 2016 pagi, ternyata indikator tekanan air masih juga down. Ahirnya saya cari tahu di google dan saya mendapati bahwa terjadi kerusakan di “foot klapnya” sehingga pipa kesumur harus di cabut. Karna tidak mungkin saya melakukan hal tersebut saya berinisiatif menelpon Service pompa
(Gambar 4)
air dan dia bersedia memperbaikinya tanggal 8 januari 2016. Tanggal 8 januari 2016 ternyata tukang service tidak datang karma dapat musibah. Saya putar otak kembali, saya memperhatikan kembali pompa tersebut dan saya mendapati ada air disekitar drat pompa. Saya berpikir inilah sumber masalahnya ternyata benar. Tanggal 09 Januari 2016, saya membeli plester atau selotip pipa yang harganya hanya Rp 1.000,-. Estimasi perbaikan memanggil jasa service pompa air ini minimal Rp 300.000 dan saya hanya mengeluarkan uang Rp 3000 untuk masalah ini. Karna di google artikelnya belum lengkap dengan kasus seperti ini maka saya berinisiatif membuat artikel ini sebagai referensi tambahan untuk orang yang membutuhkan.




 

11 comments:

  1. saya juga mengalami kasus yg sama....bahkan saya udah ganti mata jet dan siap2 mw ganti jet pump karena tetap tdk bisa sedot air dengan indikator tekanan air 0 padahal saluran air sdh ditutup...tar saya coba beli selotip..insya allah dpt menyelesaikan masalah saya yg benar2 mengbingungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah anda disebabkan oleh debit air tanah/sumur yang "tekor". Air segera berkurang/habis saat dihisap pompa, perlu waktu untuk menunggu air terkumpul lagi. Itu fenomena alam saat ini. Dimana-mana kita dengar keluhan serupa. Sumur pompa saya juga mengalami hal sama. Sudah panggil juru pompa menghabiskan beaya 800ribu untuk ganti ini ganti itu tetap tekor airnya. Trick saya mengatasinya dg menghidup matikan mesinnya secara terkontrol. Jangan sampai mesinnya bunyi mendengung baru dimatikan, sebab nantinya harus mancing terus saat mesin dihidupkan. Baiknya pakai tangki reservoir, dg menghidup matikan mesin secara terkontrol rasanyartenteram jika air sudah memenuhi tangkinya.

      Delete
  2. Saya juga mengalami hal yg sama, tekanan menunjukkan angka 0(sebelum dihidupkan), saat dihidupkan dg posisi keran penutup air(tertutup) tekanan berubah menjadi 40psi
    Tetapi untuk mengalirkan air, keran penutup tidak bisa dibuka full, jika dibuka full tekanan akan berubah menjadi 0 lagi
    Sehingga keran harus dibuka setengah, dan air bisa mengalir (tekanan berubah 20psi,air mengalir dan bertahan hanya 5-7menitan)
    Kalai itu kira2 masalahnya apa?? Apakah foot klep nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pompa air anda berfungsi. Masalah anda disebabkan oleh debit air tanah/sumur yang "tekor". Begitu disedot air segera berkurang/habis sedang terkumpulnya lagi lama. Itu fenomena alam. Sumur pompa saya juga mengalami hal sama. Semula saya kira mesinnya minta diservice dan sudah panggil juru pompa menghabiskan beaya 800ribu. Hasilnya setelah ganti ini ganti itu tetap tekor airnya. Ya sabarlah hidup matikan mesinnya. Jangan sampai mesinnya bunyi mendengung baru dimatikan, sebab anda akan mancing air terus nantinya saat menghidupkan mesinnya lagi. Saya pakai tangki reservoir, dg cara hidup mati mesin dg waktu terkontrol saya baru merasa aman jika sudah memenuhi tangkinya.

      Delete
  3. Saya baru pasang jet pump, saya cek tidak ada kebocoran, tapi saat dinyalakan air yg keluar tekanannya tidak terlalu besar dan tersendat sendat,dan di indikator tekanan hanya naik saat awal dinyalakan setelahnya nol, itu kenapa ya? Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  4. Masalah yg saya alami tiap nak hidupkan air selalu di pancing Dan indi kator menunjuk kan angka 0,padahal kedalaman sumur bor saya 60mtr,hingga tabung yg di atas saya lepas dan saya kasih seltip,tetap juga dak bisa naik iar nya hingga ber jam jam,apa yg salah ya,butuh solusi segera

    ReplyDelete
  5. masalahnya sama yg sy alami. namun sekarang aliran air nya udah normal.penyebab setelah buka keran pancing nya, harusnya jgn langsung dibuka full.tapi keran hanya dibuka setengah

    ReplyDelete
  6. Masalah pompa saya hanya bisa keluar pada malam hari,itupun yg keluar airnya kecil,tapi kalau siang hari airnya ngk keluar,presuurenya ngdrop,,apakah penyebabnya

    ReplyDelete
  7. Air saya keluar nya kecil.. Klu bukaan kran d buka lgsung drop.. Tolong pencerahan nya

    ReplyDelete